Keutamaan Mencari Ilmu

HR Imam Al-Bukhari :
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda: “Barang siapa yang Allah kehendaki menjadi baik, maka Allah pahamkan dia terhadap ilmu agama. Karena ilmu itu diperoleh dengan belajar.”
Rasulullah shallallahu (alaihi wassalam telah bersabda. “Barang siapa meniti jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mempermudahnya jalan menuju surga.

Diriwayatkan dari Mu’awiyyah berkata: “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Barang siapa yang Allah kehendaki menjadi baik, maka Allah pahamkan dia terhadap ilmu agama. Aku (Nabi) hanyalah yang membagi-bagikan, sedang Allah yang memberi. Dan senantiasa umat ini akan tegak di atas perintah Allah, mereka tidak akan celaka karena adanya orang-orang yang menyelisihi mereka hingga dating Allah.

Imam al-Ghazali berkata mengenai ilmu, menurutnya “Ilmu merupakan kehidupan bagi hati yang mengalami kebutaan, cahaya bagi penglihatan dari kegelapan, dan kekuatan bagi tubuh dari kelemahan. Dengan ilmu, seorang hamba akan mencapai kedudukan orang-orang yang taat dan derajat yang tinggi dengan ilmu, Allah ditaati, Allah disembah, Allah di esakan. Dengan ilmu juga, sifat wara’ dibentuk dan silaturahmi dijalin. Ilmu merupakan imam, sementara amal merupakan pengikutnya. Ilmu diilhamkan kepada orang-orang yang berbahagia, dan diharamkan bagi yang sengsara. Orang-orang yang berilrnu akan diangkat derajatnya oleh Allah swt.” Sebagaimana dalam firman-Nya pada surat  al-Mujadilah ayat 11:
يَآيُّهَا الَّذِيْنَ اَمَنُوْآ اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجَلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللهُ لَكُمْ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَتٍ وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ ـ المجادلة

Artinya :
Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang ber-iman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” 

Leave a Comment