Dicabutnya Ilmu

HR Imam Al-Bukhari : Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amru bin al-Ash berkata: “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Sesungguhnya Allah tidaklah mencabut ilmu secara sekaligus dari hamba-Nya, akan tetapi Allah mencabut ilmu dengan faz mewafatkan para ulama hingga bila sudah tidak tersisa para ulama di dunia ini, maka manusia akan mengangkat pemimpin dari golongan orang-orang bodoh, ketika mereka ditanya mereka berfatwa tanpa ilmu, mereka sesat dan menyesatkan.” 


HR Imam Muslim :
Diriwayatkan dari Hisyam bin ‘Urwah dari bapaknya: “Aku mendengar ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash berkata: “Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda: “Allah ‘azza wajalla menghapuskan ilmu agama tidak dengan faz mencabutnya secara langsung dari hati umat manusia. tetapi Allah akan menghapuskan ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga tidak ada seorang ulama pun yang tersisa. Kemudian mereka (Para Manusia) akan mengangkat para pemimpin yang bodoh. Apabila para pemimpin tersebut dimintai fatwa, maka mereka akan berfatwa tanpa berlandaskan ilmu hingga mereka tersesat dan juga menyesatkan.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda: “Di antara tanda-tanda terjadinya hari Kiamat, yaitu. diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum minuman keras, dan zina dilakukan secara terang-terangan.” 


		

Leave a Comment