8 Manfaat Sedekah


Banyak ayat di dalam Al-Quran dan hadits-hadits Rasulullah yang memerintahkannya dan menyebutkan banyak keutamaan atau faedah sedekah.Dalam surat Al-Baqarah ayat 261 disebutkan, bahwa barangsiapa menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus butir. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dari satu butir menjadi 700 butir. Subhanallah.
Manfaat Sedekah :

1.       Rezeki bertambah berkah
Dengan bersedekah tentusaja akan menjadikan harta menjadi lebih berkah. Hal tersebut karena harta yang kita miliki berarti bisa bermanfaat untuk orang lain.

2.   Sedekah akan menjadikan orang yang bersedekah mendapat naungan Allah pada hari kiamat
Siapakah yang tidak bahagia jika mendapat naungan langsung dari Allah? Jika anda mengingingkannya maka rajin-rajinlah bersedekah. Karena orang yang bersedekah ketika didunia, akan mendapat naungan dari alloh swt di akhirat kelak.

3.       Sedekah mampu menghilangkan kesulitan
Salah satu manfaat lain dari sedekah adalah mampu menghilangkan kesulitan. Sudah banyak cerita mengenai hal tersebut, anyak pula yang membuktikannya. Tapi kembali lagi, untuk bersedekah haruslah niat karena Allah swt, bukan untuk hal lain.


4.       Sebagai Penawar Penyakit atau Obat
Jika anda memiliki penyakit yang sudah berusaha diobati kemana mana namun tetap belum sembuh, maka sebainya dicoba untuk bersedekah. Karena sesungguhnya sedekah itu dapat menyembuhkan penyakit.

5.       Pelindung Dari Api Neraka
Tahukah anda bahwa sedekah mampu menjadi pelindung dari api neraka? Subhanalloh, begitu besar manfaatnya bukan?

6.       Mempererat persaudaraan
Apabila ternyata dalam suatu masyarakat orang yang kaya mau mensyukuri nikmat yang salah satunya adalah dengan bersedekah, niscaya akan tercipta hubungan harmonis dalam masyarakat tersebut. Dalam kitab Durratun Nashihin disebutkan bahwa tegaknya dunia itu disebutkan karena empat hal. Pertama, ilmu para ulama. Kedua, keadilan para umara (pemimpin). 

Ketiga, kedermawanan orang-orang kaya. Keempat, kesabaran orang-orang miskin. Apabila keempat hal ini bisa terealisasi insya Allah akan tercipta keamanan dan ketentraman dalam masyarakat tersebut. Tidak akan terjadi kecemburuan sosial menyebabkan rasa iri dan dengki.

Sebenarnya adanya perasaan iri dan dengki itu disebabkan karena tidak adanya tali ikatan yang kuat. Orang yang miskin tidak akan iri kepada orang kaya apabila orang kaya tersebut mau berbagi suka kepadanya. Kecemburuan sosial tidak pernah muncul jika antara si kaya dan si miskin mau saling mengenal, memahami, dan saling membantu. Dengan demikian nyatalah bahwa sedekah bisa memperkuat tali hubungan dalam masyarakat.

7.       Mengalirkan pahala sekalipun sudah wafat
Manfaat selanjutnya dari sedekah adalah menjadikan ladang pahala, sekalipun si pemberi sedekah sudah meninggal dunia tetapi pahalanya akan tetap mengalir.

8.       Menghapuskan dosa
Setiap manusia tak luput dari dosa, baik itu disengaja maupun tidak. Baik itu dosa kepada manusia maupun dosa kepada Allah swt. Jika itu menyangkut dosa kepada manusia, maka sebaiknya meminta maaf atas kesalahannya.

Pada hakikatnya, sedekah tidak hanya dengan materi, tapi juga bisa berupa bantuan tenaga, nasihat, bahkan senyuman yang menenangkan hati. Ini bagian dari keadilan Allah terhadap syariat-Nya. Jadi, sekalipun kita tidak memiliki harta untuk disedekahkan, kita masih bisa mendapatkan pintu-pintu lain dalam bersedekah dengan keutamaan-keutamaan yang sama dahsyatnya. Subahanalloh, Islam agama yang indah.

Leave a Comment