7 Manfaat Membaca Al-Qur’An

Mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad salah satunya adalah Al Qur’an. Tapi mukjizat ini bukan hanya ditujukan kepada nabi saja, melainkan digunakan untuk menjadi pedoman hidup umat manusia. Al qur’an sebagai satu-satunya kitab suci yang akan selalu terjaga keasliannya.


Membaca alqur’an tidak hanya mendapat pahala seperti yang dijanjikan Allah swt, tetapi juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik. seperti Sabda Rosululloh saw:

Ibadah yang paling istimewa adalah membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari”.

Manfaat Membaca Al Qur’an

1.Pahala Membaca AlQur’an
Berbeda dengan membaca buku-buku lain yang juga akan memperoleh ilmu dari buku tersebut, jika anda membaca Al-Qur’an maka tidak hanya ilmu tetapi juga mendapat pahala. Sebagai mana diriwayatkan dalam hadist:

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).
2.Pahala Mengajarkan AlQur’an
Menyampaikan ilmu adalah pahala, termasuk mengajarkan AlQur’an.
Sabda Nabi Muhammad saw: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari).
3.Pahala Bagi Orang Tua dari si Pembaca

Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).
4.Menentramkan Hati
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).
5.Memperoleh Kedudukan Yang Tinggi Dalam Syurga
Bersabda Rasulullah saw yang maksudnya: Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).
6.Pemberi Syafa’at Di Akhirat Kelak
Sabda Nabi Muhammad saw: “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim).
 Dan sabda beliau Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).
7.Menyembuhkan Penyakit
Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

Demikianlah beberapa manfaat membaca Al-Qur’an. Semoga kita selalu istiqomah dalam membacanya. Amin

Leave a Comment