5 Hak Sesama Muslim


Tahukah anda bahwa sebagai seorang muslim juga memiliki hak atas muslim lainnya. Sebagaimana  tertulis dalam kitab Riyadush Shalihin.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Hak seorang Muslim atas Muslim lainnya ada lima: menjawab salam, mengunjungi orang sakit, mengikuti jenazah-jenazah, memenuhi undangan, dan menjawab orang yang bersin”. (Muttafaq ‘alaih)  

1.      Menjawab Salam
Salam adalah ucapan doa. Berbeda dengan ucapan selamat siang, selamat pagi maupun selamat malam, Islam menganjurkan umatnya untuk mengucapkan salam yaitu Assalamu’alaikum
Sedangkan hak dari orang yang memberi salam adalah menerima jawaban atas salam tersebut. Jika anda masih enggan untuk menjawab setiap salam, berarti anda telah merampas hak orang tersebut.
2.     Mengunjungi Orang Sakit

Salah satu hak sesama muslim lainnya adalah mengunjungi muslim yang sakit. Islam adalah agama yang sangat menganjurkan umatnya untuk tolong menolong
Jika teman, keluarga atau tetangga ada yang sakit maka menjenguknya adalah pahala.
3.     Mengantarkan Jenazah ke Pemakaman
Mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatannya sekaligus alam yang selanjutnya bagi si mayit juga sangat dianjurkan, itu merupakan bukti cinta seorang muslim terhadap muslim lainnya.
4.    Memenuhi Undangan
Undangan disini maksudnya adalah undangan yang bersifat positif seperti undangan pernikahan, undangan untuk menghadiri acara yang sedang diselenggarakan tetangga atau handai taulan. 
Maka menghadirinya adalah pahala bagi yang hadir.
5.     Menjawab Orang Yang Bersin
Dalam agama islam, apabila bersin maka sebaiknya anda membaca “alhamdulillah”. Orang yang disampingnya atau mendengarnya kemudian menjawab dengan doa “Yarhamukalloh”. 
Dan dijawab lagi oleh orang yang bersin dengan “ya hadi kumulloh”.
Demikianlah agama islam mengatur, begitu indah dan saling menghormati serta saling mendoakan. Semoga dengan membaca tulisan ini akan membuat kita semakin menghargai hak-hak orang lain.

Leave a Comment