13 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur (1)

Wudhu menjadi sesuatu yang akrab bagi kaum muslim. Pasalnya wudhu merupakan salah satu cara bersuci untuk melakukan ibadah dalam islam. Wudhu menjadi ritual suci, sebelum anda menginjak sajadah dan mengenakan mukena yang hendak melakukan sholat atau ibadah suci lainnya. Namun tahukah kamu bahwa melakukan wudhu terlebih dahulu merupakan salah satu kebiasaan Rasul.



Jangan salah, ternyata Nabi besar kita Muhammad SAW juga melakukan hal demikian. Kebiasaan baik ini tentu memberikan pengaruh baik untuk yang melakukannya. Menurut ilmu medis, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. Penelitian terakhir dari Universitas Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatah, seorang dekan fakultas THT menegaskan bahwa orang yang melakukan wudhu sebelum tidur memiliki kuman lebih sedikit dari pada orang yang tidak melakukan wudhu.

Lalu apa sajakah manfaat berwudhu sebelum tidur bagi tubuh, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Bebas dari kuman jahat
Kuman jahat mampu tumbuh dan berkembang dimana saja. Bahkan di setiap gagang pintu anda, di atas sprei, maupun di tempat nonton televisi anda merupakan tempat perkembangan kuman yang baik. Oleh sebab itu, anda di haruskan untuk selalu dalam keadaan bersih, Apalagi ketika tdur.
Salah satu solusinya adalah dengan wudlu sebelum tidur. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wudlu mampu mengurangi kuman kuman yang hidup dalam tubuh anda.

2. Struktur wudhu memang menyehatkan

Wudhu berarti membersihkan diri anda. Baik dari kotoran, kuman, dan bakteri yang mengenai tubuh anda. Melakukan wudlu yang di mulai dari niat, lalu membasuh kedua tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung serta membasuh kepala sangat jelas berarti membersihkan anggota badan bagian atas.
Lalu di lanjutkan untuk membersihkan tangan sampai siku, lalu ke dua daun telinga, serta membersihkan kaki. Tata cara yang di sebutkan sangat baik untuk membantu anda menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

3. Membantu menjaga kesehatan wajah
Jika pakar kecantikan menghimbau para wanita untuk mencuci muka sebelum tidur, maka Rasulullah menganjurkan untuk berwudhu sebelum tidur. Kedua sisi ini sebenarnya memiliki essensi sama, yakni membersihkan anggota badan bagian atas.
4. Semakin mendekatkan diri pada Illahi
Berwudlu meeupakan salah satu bentuk ibadah tinggi. Sebab dengan wudlu kita senantiasa menjaga kebersihan diri. Sedangkan Allah menyayangi dan menyukai kebersihan. Anda pasti sudah tidak asing dengan hadits yang berbunyi Kebersihan adalah sebagian dari keimanan bukan? Yuk wudhu tiap malam

5. Di doakan oleh malaikat
Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Ibnu Hibban menyebutkan bahwa seseorang yang berwudhu, ketika bangun ia akan di doakan malaikat. Simak berikut haditsnya :
Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’”.(HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Leave a Comment