10 Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan (2)


5.       Duduk
Dalam sholat terdiri dari dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. 
Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. sedangkang Duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. 
Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia

6.      Salam
Gerakan terakhir dalam sholat yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam. manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. 
Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

7.      Memperlancar Proses Melahirkan
Gerakan ini juga sangat menguntungkan wanita dalam persalinan. Karena dibutuhkan pernapasan yang baik saat proses. Maka jika otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, secara alami perut akan lebih elastic, ini disebabkan oleh kebiasaan sujud sehingga tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).
Selain itu dalam pose sujud, kaum hawa dapat menikmati pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh dan Kondisi ini akan melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama.

8.      Baik Bagi Kesuburan
Tumit  kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki yang harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan disebut duduk tawarruk. Posisi  ini keadaan tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. 
Tekanan lembut inilah yang dapat memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum. Duduk tawarruk ini dilakukan setelah gerakan sujud dalam shalat. Saat keadaan duduk inilah tumit berkonsentrasi pada daerah otot-otot perineum. 
Daerah ini merupakan daerah terlindung pada wanita yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Jadi dudu tawaruruk menjadi salah satu  manfaat penting gerakan sholat untuk kesehatan wanita.

9.      Mempercantik Postur tubuh
Kelebihan shalat adalah menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan. Terutama pada gerakan sujud, sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. ketika sujud, beban tubuh bagian atas menumpukan pada lengan hingga telapak tangan. 
Menrut beberapa ahli kesehatan gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). 
Maka sholat tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT tetapi juga untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi kelenjar air.

10.  Meningkatkan  Kecerdasan

Menurut beberapa penelitian bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal. karena pada posisi itu jantung tepat berada diatas kepala. 
Gerakan ini tergolong unik karena pada saat itu kepala manusia benar benar berada dibawah bahkan dibawah pantatnya sendiri., gerakan ini berarti saat menghadap kepada tuhannya manusia memang berada ditempat yang sangat rendah. sujud tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. 
Seperti Risetnya yang mendapat pengakuan dari Harvard University , AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

Leave a Comment